Nama : Risma Evi Juherniah
Mata
Kuliah : Teknologi Pendidikan
Program
Studi DIV Kebidanan STIKes Kharisma Karawang
Perancangan dan
Pemanfaatan Media
No
|
Pokok Bahasan
|
|
|
|
Media
|
|
|
|
|
Alasan
|
|
|
Buku/Modul
|
Visual
|
Audio
|
Objek Fisik
|
Audio Visual
|
Multi Media
|
Internet
|
lingkungan
|
|
1.
|
Lingkup
asuhan
a.
Bayi baru lahir normal
b.
Bayi baru lahir bermasalah
c.
Kelainan- kelainan pada bayi baru lahir
d.
Trauma pada bayi baru lahir
e.
Neonatus beresiko tinggi
f.
Kegawat daruratan
g.
Neonatus, bayi dan anak balita dengan penyakit
yang lazim terjadi
|
√
√
√
√
√
√
√
|
|
|
|
√
√
√
√
|
|
√
√
√
√
√
|
|
· Buku
referensinya lebih lengkap
· Sifat materi
perlu ada penjelasan proses dengan Audio Visual.
· Buku dan
internet referensinya lebih lengkap.
· Buku
referensinya lebih lengkap
· Sifat materi
perlu ada penjelasan proses dengan Audio Visual.
· Buku dan
internet referensinya lebih lengkap.
· Buku dan
internet referensinya lebih lengkap.
· Buku dan internet
referensinya lebih lengkap
· Sifat materi
perlu ada penjelasan proses dengan Audio Visual.
· Buku dan internet
referensinya lebih lengkap
· Sifat materi
perlu ada penjelasan proses dengan Audio Visual.
|
2.
|
Konsep
asuhan neonatus, bayi dan anak balita
a.
Adaptasi bayi baru lahir terhadap kehidupan di
luar uterus
b.
Pencegahan infeksi
c.
Rawat gabung
|
√
√
|
√
√
√
|
|
|
√
√
|
|
√
|
|
·
Buku referensinya lebih lengkap
·
Sifat materi perlu ada visualisasi
·
Sifat materi perlu ada penjelasan proses dengan
Audio Visual.
·
Buku dan internet referensinya lebih lengkap
·
Sifat materi perlu ada visualisasi.
·
Sifat materi perlu ada visualisasi
·
Sifat materi perlu ada penjelasan proses dengan
Audio Visual.
|
3.
|
Pengumpulan
data
a.
Pengkajian fisik bayi baru lahir
b.
Penampilan dan perilaku bayi baru lahir
|
√
|
√
|
|
√
|
√
|
|
|
|
· Sifat materi
perlu ada visualisasi
· Sifat materi
menggunakan objek fisik berupa phantom
· Sifat materi
perlu ada penjelasan proses dengan Audio Visual.
· Buku
referensinya lebih lengkap.
|
5.
|
Membuat
rencana asuhan bayi 2-6 hari
a.
Minum
b.
BAK
c.
Tidur
d.
Kebersihan Kulit
e.
Keamanan
f.
Tanda- tanda bahaya
g.
Penyuluhan sebelum bayi pulang
|
√
|
√
|
|
|
√
|
|
√
|
|
·
Buku dan internet referensinya lebih lengkap
·
Sifat materi perlu ada visualisasi
·
Sifat materi perlu ada penjelasan proses dengan
Audio Visual.
|
6.
|
Asuhan
primer pada bayi 6 minggu pertama
a.
Peran bidan pada bayi sehat
b.
Bounding attachment
c.
Rencana asuhan
|
√
√
√
|
|
|
|
√
|
|
√
√
|
|
· Buku dan
internet referensinya lebih lengkap.
· Buku
referensinya lebih lengkap
· Sifat materi
perlu ada penjelasan proses dengan Audio Visual.
· Buku dan
internet referensinya lebih lengkap.
|
7.
|
Indikator
pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan anak balita
a.
Pertumbuhan
·
BB
·
TB
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
·
Buku referensinya lebih lengkap
·
Sifat materi menggunakan objek fisik berupa alat
timbangan BB dan pengukur TB.
|
|
b.
Pemantauan perkembangan dengan menggunakan KPSP
|
√
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
· Ada modul
khusus yang digunakan dalam Pemantauan perkembangan (KPSP)
· Sifat materi
perlu ada visualisasi
· Sifat materi
menggunakan objek fisik berupa berbagai macam mainan, makanan, benang dan
alat tulis sebagai alat bantu dalam pemantauan perkembangan.
|
|
c.
Pemantauan perkembangan dengan menggunakan Denver
Development Stress Test (DDST)
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
· Ada modul
khusus yang digunakan dalam Pemantauan perkembangan (DDST).
|
8.
|
Neonatus
dan bayi dengan masalah serta penatalaksnaanya
a.
Bercak mongol
b.
Hemangioma
c.
Ikterik
d.
Muntah dan gumoh
e.
Oral trush
|
√
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
· Buku dan
internet referensinya lebih lengkap
· Sifat materi
perlu ada visualisasi.
|
|
f.
Diaper rush
g.
Seborrhea
h.
Bisulan
i.
Milliariasis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
j.
Diare
k.
Obstipasi
l.
Infeksi
m.
Bayi meninggal mendadak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Asuhan
neonatus dengan jejas persalinan
a.
Caput suksedaneum
b.
Cephalhematoma
c.
Taruma pada flexus brachialis
d.
Fraktur clavicula dan humerus
|
√
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
·
Buku dan internet referensinya lebih lengkap
·
Sifat materi perlu ada visualisasi.
|
10.
|
Asuhan
neonatus dengan kelainan bawaan dan penatalaksanaan
a.
Labioschizis dan labiopalatoscizis
b.
Atresia esophagus
c.
Atresia rekti dan anus
d.
Hirschprung
e.
Obstruksi biliaris
f.
Omfalokel
g.
Hernia diagfraghmatika
h.
Atresia duodeni, oesophagus
|
√
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
· Buku dan
internet referensinya lebih lengkap
· Sifat materi
perlu ada visualisasi.
|
|
i.
Meningokel, enchepalokel
j.
Hidrochepallus
k.
Fimosis
l.
Hipospadia
m. Kelainan
metabolic dan endokrin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Neonatus
resiko tinggi dan penatalaksanaannya
a.
BBLR
b.
Asfiksia Neonatorum
c.
Sindrom gangguan pernafasan
d.
Ikterus
e.
Perdarahan tali pusat
|
√
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
· Buku dan
internet referensinya lebih lengkap
· Sifat materi
perlu ada visualisasi.
|
|
f.
Kejang
g.
Hypothermi
h.
Hypertermi
i.
Hypoglikemi
j.
Tetanus neonatorum
k.
Penyakit yang diderita ibu selama kehamilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Praktik
penatalaksanaan asfiksia neonatorum
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
· Buku
referensinya lebih lengkap
· Sifat materi
menggunakan objek fisik berupa alat resusitasi, boneka, stetoskop, jam
tangan, handskun.
|
13.
|
Immunisasi
pada neonatus, bayi dan balita
a.
Imunisasi dasar
b.
Imunisasi ulang
|
√
|
√
|
|
|
√
|
|
√
|
|
·
Buku dan internet referensinya lebih lengkap
·
Sifat materi perlu ada visualisasi
·
Sifat
materi perlu ada penjelasan proses dengan Audio Visual.
|
14.
|
Praktik
immunisasi pada neonatus, bayi dan balita
a.
Imunisasi dasar
b.
Imunisasi ulang
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
· Ketika
melakukan Praktik immunisasi Menggunakan panduan yang disebut daftar tilik
· Sifat materi
menggunakan objek fisik yaitu alat- alat praktik imunisasi.
|
15.
|
Sistem
rujukan
a.
Sistem rujukan
b.
Jenis rujukan
c.
Tingkat rujukan
d.
Mekanisme/ alur rujukan
|
√
|
|
|
|
√
|
|
√
|
|
·
Buku dan internet referensinya lebih lengkap
·
Sifat materi perlu ada penjelasan proses dengan
Audio Visual.
|
16.
|
Dokumentasi
dengan menggunakan metode SOAP
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
· Buku
referensinya lebih lengkap.
|
17.
|
MTBS
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
· Menggunakan buku/
modul khusus.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar