Senin, 28 Januari 2013

LPP pengukuran BB,TB & LK


DOKUMEN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
STIKES KHARISMA KARAWANG
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PRAKTIK

Program Studi
:
Diploma III Kebidanan
Mata Kuliah
:
Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah
Kegiatan
:
Pengukuran Tumbuh Kembang Bayi Dan Anak Balita
Objektif Perilaku Siswa (OPS)
:
Dengan melihat  daftar tilik, mahasiswa dapat :
1.    Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam pengukuran tumbuh kembang bayi dan anak balita (TB, BB, LK)
2.    Melakukan pengukuran BB,PB dan LK dengan benar sesuai standard.
Dosen
:
Risma Evi J, SST

Peralatan
:
*      Peralatan :
  1. Timbangan bayi
  2. Boneka bayi
  3. Meja yang datar
  4. KMS
  5. Pengukur PB
  6. Alas/ kain
  7. Metlin
Metode
:
Metode yang digunakan dengan menggunakan 4 langkah demonstrasi :
  1. Live
  2. Step by step
  3. Penerapan (Aplikasi)
  4. Penilaian (Evaluasi)
Media
:
LCD, Infocus, Laptop, Job Sheet, Daftar tilik
Referensi
:
1.      Cahyaningsih, Dwi. 2011. Pertumbuhan perkembangan anak dan remaja. Jakarta : TIM.
2.      Dompas, Robin. 2011. Buku saku asuhan neonatus, bayi dan balita. Jakarta : EGC.
3.      Hidayat, Aziz. 2009. Asuhan neonatus, bayi dan balita. Jakarta : EGC.
4.      Rochmah. 2012. Panduan belajar asuhan neonatus, bayi dan balita.  Jakarta : EGC.
5.      Soetjiningsih. 1995. Tumbuh kembang anak.   Jakarta : EGC.
TAHAP PEMBELAJARAN
1.     PENDAHULUAN (3’)
a.       Mengucapkan salam dan menarik perhatian siswa
b.      Menghubungkan keterampilan yang akan diajarkan dengan materi sebelumnya
c.       Menjelaskan struktur penyampaian agar tercapai OPS
d.      Menyampaikan referensi
e.       Menyampaikan pentingnya keterampilan yang diajarkan ini ketika praktek dilapangan
f.       Menyampaikan cakupan materi menggunakan :
·         Peragaan secara life
·         Step by step, dalam hal ini mahasiswa boleh bertanya bila ada yang belum jelas
g.      Mahasiswa berlatih dibawah bimbingan dosen








PENYAJIAN (10’)
Memperagakan secara life keterampilan pengukuran Berat Badan, Panjang Badan dan Lingkar Kepala







 
PROSEDUR PELAKSANAAN
No
Langkah-langkah
Key Point
Pengukuran Berat Badan (BB) Bayi
1.
Atur posisi timbangan
Letakkan timbangan pada meja yang tidak mudah bergoyang

2.
Cek timbangan
                   
Lihat posisi jarum posisi jarum atau angka harus menunjuk ke angka 0


3.
Baringkan bayi dengan hati-hati diatas timbangan.
Bayi sebaiknya telanjang ,tanpa topi, kaos kaki, sarung tangan

4.
Baca hasilnya


Lihat jarum timbangan sampai berhenti dan bila bayi terus menerus bergerak, perhatikan gerakan jarum, baca angka ditengah-tengah antara gerakan jarum ke kanan dan ke kiri”

5.
Angkat bayi secara hati- hati
“Angkat bayi dengan posisi kedua tangan memegang ketiak bayi agar pegangan lebih kuat”

6.
Catat hasil pengukuran
“ Catat hasil pengukuran BB di buku pantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi (KMS)”
Pengukuran Panjang Badan bayi (PB)
1.
Siapkan meja
Pastikan menggunakan meja yang datar, keras, bersih dan kering
2.
Bayi dibaringkan terlentang pada alas yang datar
Kepala bayi menempel pada pembatas angka 0

3.
Ukur panjang badan bayi
Sebaiknya dilakukan oleh tiga orang
§  Petugas1 : kedua tangan memegang kepala bayi agar tetap menempel pada pembatas angka 0 (pembatas kepala)
§  Petugas 2 : tangan kiri menekan lutut bayi agar lurus, tangan kanan menekan batas kaki ke telapak kaki.
§  Petugas 3 : membaca di tepi di luar pengukur dan mencatat hasil
Bayi sebaiknya tidak menggunakan topi,kaos kaki atau sepatu”

4.
Catat hasil pengukuran
“ Catat hasil pengukuran BB di buku pantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi (KMS)”
Pengukuran Panjang Badan (PB) secara berdiri
1.
Siapkan alat pengukur panjang badan (PB).
“ Pasang  pengukur panjang badan di tempat yang mudah di jangkau”
2.
Berdiri tegak mengadap kedepan, Punggung, pantat dan tumit menempel pada tiang pengukur.
Anak tidak memakai sandal atau sepatu
3.
Turunkan batas atas pengukur sampai menempel di ubun-ubun.
Anak tidak memakai topi”
4.
Baca hasil
Baca angka di batas angka tersebut
5.
Catat hasil pengukuran.



“ Catat hasil pengukuran BB di buku pantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi (KMS)”
Pengukuran Lingkar Kepala (LK)
1.
Siapkan alat (metlin) dan pasien  (anak/ bayi)).
 
“ Pastikan anak tenang saat dilakukan pengukuran”
2.
Baringkan bayi diatas meja
“Boleh sambil di gendong atau duduk jika anak merasa tidak nyaman”
3.
Alat pengukur dilingkarkan pada kepala anak melewati dahi, menutupi alis mata, diatas kedua telinga, dan bagian belakang kepala yang menonjol, tarik agak kencang.
“ Lakukan secara benar dan teliti “
4.
Baca angka pada pertemuan dengan angka 0.
Tanyakan tanggal lahir bayi / anak, hitung umur bayi / anak
5.
Catat hasil pengukuran
Hasil pengukuran di catat pada grafik lingkaran kepala menurut umur dan jenis kelamin anak

APLIKASI (7’)
  1. Mahasiswa mempraktekkan keterampilan pengukuran BB, PB dan LK mulai dari persiapan sampai pelaksanaan dibawah bimbingan dosen dan job sheet.
  2. Meminta mahasiswa lain yang melakukan penilaian dengan menggunakan daftar tilik.
  3. Dosen memonitor jalannya peragaan pengukuran BB, PB dan LK yang dilakukan mahasiswa.
EVALUASI (7’)
Dosen mengevaluasi mahasiswa satu persatu dengan menggunakan daftar tilik.
CATATAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar